Apa itu Terumbu Karang?

Apa itu Terumbu Karang? - Hallo sahabat Tips Kesehatan ABC, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Apa itu Terumbu Karang?, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Artikel, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Apa itu Terumbu Karang?
link : Apa itu Terumbu Karang?

Baca juga


Apa itu Terumbu Karang?


Terumbu karang merupakan rumah dari 25% total kehidupan bawah laut. Lebih dari 3000 jenis ikan tinggal di terumbu karang. Jika kita membayangkan sebuah kota, maka terumbu karang merupakan bangunan gedung-gedungnya dan ikan-ikan sebagai penduduknya.

Terumbu karang di Indonesia mencakup hampir 16% dari luas terumbu karang yang ada di dunia (seluas 7x Pulau Bali!), namun hanya 1/3 yang berada dalam kondisi baik. Sisanya rusak dan terancam oleh sampah, pembangunan pemukiman, sampai bom untuk menangkap ikan.


Mengapa Terumbu Karang?
Terumbu karang bukan sekedar menjadi rumah untuk ikan-ikan di laut. Manfaat terumbu karang juga banyak untuk manusia, yaitu:

Ekonomi Masyarakat
Ada sekitar 850 juta penduduk bermukin dalam jarak 100 km dari terumbu karang; banyak di antara mereka kemungkinan mengambil manfaat dari jasa lingkungan yang diberikan oleh terumbu karang. Lebih dari 275 juta penduduk tinggal dekat dengan terumbu karang (dalam jarak 30 km dari terumbu karang dan 10 km dari pantai) yang mata pencahariannya kemungkinan besar bergantung pada terumbu karang dan sumberdaya yang terkait.


Sumber Pangan
Terumbu karang yang sehat dan dikelola dengan baik di Samudra Hindia atau Pasifik dapat menghasilkan 5-15 ton ikan/km2/tahun dalam waktu yang tak terbatas.

Daya Tarik Wisata
Sedikitnya 94 negara/wilayah mendapat keuntungan dari industri pariwisata yang terkait dengan terumbu karang. Di tahun 2014 yang lalu, dilaporkan bahwa sektor pariwisata menyumbangkan 23 persen dari total pendapatan negara.

Pelindung Garis Pantai
Terumbu karang melindungi 150.000km garis pantai di lebih dari 100 negara/wilayah, yang membantu melindungi dari badai dan erosi.

Pelindung Garis Pantai
Terumbu karang melindungi 150.000km garis pantai di lebih dari 100 negara/wilayah, yang membantu melindungi dari badai dan erosi.

HiLo membuat project perawatan penumbuhan terumbu karang, di ujung kulon, HiLo mengajak Nadine Chandrawinata sebagai ambassador. Selain mengajak Nadine Chandrawinata, HiLo juga mengajak masyarakat umum untuk berpartisipasi dalam melestarikan terumbu karang. Setiap pembelian susu HiLo akan menyumbangkan terumbu karang yang akan ditanam di Ujung Kulon. Di tahun 2016, HiLo menargetkan menanam Terumbu Karang sebanyak 12.500 koloni.

Pengumpulan terumbu karang dilakukan sampai pada tanggal 31 Mei 2016. Hasil pengumpulan terumbu karang akan di tanam bertepatan dengan hari konsorevasi alam internasional pada tanggal 28 Juli 2016

(yessycha octarina)


Demikianlah Artikel Apa itu Terumbu Karang?

Sekianlah artikel Apa itu Terumbu Karang? kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Apa itu Terumbu Karang? dengan alamat link https://sehat-abc.blogspot.com/2016/06/apa-itu-terumbu-karang.html

0 Response to "Apa itu Terumbu Karang?"

Post a Comment